Cara mengembalikan traffik yang turun

4 Views

Bagaimana jika blog kamu mendadak turun traffik? untuk blogger yang masih minim pengalaman pasti akan down, tidak seperti blogger yang sudah bertahun-tahun. Untuk membangun blog hingga mendatangkan visitor tidak perkara yang mudah.

Semuanya ada kelebihan dan kekurangan dalam semua hal, tetapi itu semuanya ada solusinya. Apalagi kita bermain di dunia internet. Akan disayangkan jika blog yang tadinya ramai penggunjung, kini ditinggalkan karena blog menurun.

Saya yakin kamu akan campur aduk setelah melihat jumlah visitor turun. Padalah kamu tidak melakukan apa-apa jangan khawatir karena semua blogger sudah merasakan seperti ini. Naik turunnya sebuah traffik merupakan hal yang wajar tapi turun secara mendadak hingga 50%, kita harus perhatikan.

Traffik turun berawal dari backlink hilang dan hilangnya rangking di penulusuran, traffik yang turun akan menjadi khawatiran untuk blogger.   Apalagi itu hanya satu-satunya. Untuk itu mencari penyebabnya kemudian mencari solusinya, sehingga traffik kunjung membaik dan penghasilanpun stabil.

Berikut penyebab dari turunnya traffik

Kemungkinan turunnya traffik disebabkan adanya update algoritma baru, blog yang tidak sesuai dengan kebijakan Google, untuk menyelamatkan traffik, mencari solusi lalu menyelasaikan. Secepatnya karena khawatir jika dibiarkan akan berlarut lama.

Mengindentifikasi penyebab turun traffik

blog ramai

1. Adanya update Algoritma Google pencarian

Google selalu melakukan pembaruhan algoritma dari tahun ke tahun. Tindakan untuk melakukan update algoritma supaya blog yang tidak sesuai dengan kebijakan Goole dapat tersaring dan terlepas.  Tidak ada pemberitahuan sama sekali google dalam melakukan update algoritma dan hal ini akan mempengaruhi blog yang bervisitor.

Dari update algoritma kita harus mencari tahu dan memastikan, apakah google melakukan tersebut. Untuk itu tidak mudah mengindentifikasi, namun ada cara lain yang dapat melihat dengan MOZ.

2. Google menganggap backlink spam

Ini terjadi dalam bulid backlink dengan tidak natural, artinya build backlink secara spam dan membuat mata google melihat kecurigaan terhdapat link di blog kamu. Sehingga blog mendapatkan finalty dari Google.

Untuk algoritma google sekarang ini memilih dengan backlink berkualitas, jadi harus diperhatikan dalam membangun backlink, perbandingan backlink berkualitas akan lebih unggul dibandingkan dengan backlink spam.

Jika turunnya traffik  disebabkan oleh backlink spam, berhenti untuk terus melakukannya karena blog bisa terancam, bisa-bisa  deindex. 3.

3. Hilangnya backlink

Hilangnya backlink di blog karena pemiliknya menghapus, kita dapat memonitori jumlaj backlink pada webmaster tool-pilih tab Tautan. Disana akan terlihat backlink tersebut.

4. Ditemukan 404 not found di blog kamu

Aktivitas yang dilakukan dan kesalahan dalam mengetikan url, maka beberapa kemudian akan terindex dan pengguna akan melihat peringatan page not found di blog kamu. Jadi usahakan cek link tautan yang mengarah ke intenal link atau external link, karena itu akan mempengaruhi traffik.

5. Jarang uptodate

Google menyukai sebuah blog yang selalu update. Jarang menerbitkan artikel dalam waktu yang lama akan memperngaruhi traffik dan penghasilan. Oleh sebab itu usahakan minimal 1 hari 1artikel.

Tips menongkrak traffik dari sebelumnya

Kalau penyebab turunnya traffik sudah tau, maka cara untuk kembalikan traffik sebagai berikut:

1. Gunakan tema website SEO

Tema juga tidak kalah penting dalam optimasi untuk mempermudah menemukan blog di hasil penulusuran. Tema harus memiliki fitur seperti ini: Seo Friendly, fast Responsve dan mobile Frienly. Tidak kemungkinan besar visitor membludak.

2. Perhatikan kecepatan blog

Walaupun visitor dari search engie pasti volume lebih besar. Namun kecepatan blog kurang di perhatikan,  maka traffik pun akan menjauh. seorang pengguna website, lama atau load, maka pembaca akan meninggalkan ke berlangannan.

3. Periksa page url

Selalu periksa url page pada blog kamu, jangan biarkan link sudah mati menampilkan seperti peringatan not found 404. Atau hapus link mati di Google master Tool.

4. Jangan membangun Baclink secara Bab1buta

suatu kesalahan dan hal ini harus dihindari bukannya blog ramai pengunnjung malah menjadi kena panalty dan Google menandai sebagai blog spam.  Untuk memperbaiki cukup pergi ke Google master tool kemudian disavow.

5. Konsisten menerbitkan artikel

Dengan updatenya blog, Google menyukai blog update. Maka dari itu artikel lainnya akan terus naik dengan sendirinya.  Sehingga tidak kemungkinan traffik terus naik.

Kesimpulan:

Traffik akan terus naik dengan sendirinya berkat update artikel secara rutin. Apalagi dengan adanya backlink yang berkualitas.

Backlink juga akan menjadi bumerang bagi blog yang melakukan membangun backlink secara spam.

About the author: Rahmat

Hallo semuanya saya menyukai musik, terutama bernyanyi. saya seorang internet marketer seumur bayi merah. Writer, Youtuber, internet marketing dan Publisher.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *